Jumat, 04 Januari 2013

Keuntungan daur ulang limbah

Banyak sekali keuntungan daur ulang sampah dan limbah berbahaya, diantaranya dapat menghindari bahaya lingkunganmelindungi sumber daya alam yang langka, memberikan manfaat ekonomi dan mengurangi ketergantungan pada bahan baku dan energi alami. Pada artiel berikut akan dijelaskan satu persatu keuntungan daur ulang sampah dan limbah berbahaya.

Keuntungan dari segi lingkungan
Daur ulang sampah dan limbah berbahaya dapat mengurangi konsumsi bahan baku serta serta dapat  mengurangi volume limbah yang dibuang ke alam. Daur ulang limbah berbahaya dapat berarti mengurangi polusi udara, air dan tanah yang terkait dengan ekstraksi, pemurnian, dan pengolahan bahan baku. Daur ulang juga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca. Ketika sampah dan limbah berbahaya didaur ulang, lebih sedikit energi yang diperlukan untuk mengekstrak dan memproses bahan baku untuk proses produksi. Dan, ketika kebutuhan energi dari alam menurun, kebutuhan akan bahan bakar dari fosil menurun maka akan lebih sedikit karbon dioksida yang dipancarkan ke atmosfer. Emisi polutan udara lainnya dapat dikurangi juga, karena daur ulang sampah dan limbah berbahaya dapat menurunkan pelepasan racun udara dari pembakaran sampah.

Keuntungan dari segi ekonomi
Daur ulang sampah dan limbah berbahaya tidak hanya menguntungkan dari segi lingkungan, akan tetapi juga dari segi ekonomi. Karena daur ulang sampah dan limbah berbahaya dapat meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi biaya yang terkait dengan pembelian bahan baku bagi perusahaan dan pengelolaan sampah bagi society. Dalam hal ini perusahaan juga dapat mengambil manfaat dari citra "green product" yang melekat pada produk mereka, serta citra perusahaan yang memiliki usaha untuk melindungi dan menjaga kelestarian lingkungan. Sebagai contoh, sebuah perusahaan yang peduli dengan pengolahan limbah produksi mereka atau menggunakan bahan daur ulang sebagai bahan baku produk mereka akan dapat meningkatkan goodwill dengan pemegang saham serta konsumen yang selanjutnya dapat membedakan diri dari para pesaingnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar