Rabu, 09 Januari 2013

Efek samping Na Bikarbonat


Baking soda ini umumnya direkomendasikan untuk tidak diberikan terhadap anak di bawah usia 6 tahun. Obat Natrium bikarbonat ini tidak membutuhkan resep untuk dibeli dan digunakan secara luas. Namun ada sebagian Orang tertentu yang mungkin alergi terhadap natrium bikarbonat, sehingga mereka harus berhati-hati sebelum mengkonsumsi atau menggunakan. Natrium bikarbonat juga menimbulkan beberapa risiko pediatrik pada bayi dan mungkin memperburuk kondisi yang mendasarinya.

Efek Samping Natrium Bikarbonat

Natrium bikarbonat dikenal kadang-kadang menyebabkan ekspansi volume intravaskular yang dapat mengakibatkan hypoaldosteronemia dan hyporeninemia. Jika hal ini terjadi, serum kalium biasanya dapat di tingkatkan. Baking soda juga dapat dihubungkan dengan gejala tertentu dari sindrom Munchausen serta alkalosis metabolik hipokalemia hypochloremic tetapi biasanya sangat jarang terjadi pada beberapa penderita yang memiliki kondisi mendasarinya.

Orang yang menderita penyakit hati berat, insufisiensi ginjal atau gagal jantung kongestif harus sangat hati-hati untuk menggunakan pemakaian internal, karena baking soda kadang-kadang dapat menyebabkan retensi edema, air dan penambahan berat badan yang bisa dipicu oleh hipernatremia. Kontraksi yang cepat atau lama natrium bikarbonat kadang-kadang dapat menyebabkan hyernatremia, hipokalemia, hypochloremia, hyperosmolarity dan alkalosis metabolik. Efek samping lain metabolik baking soda termasuk hyporeninemia, hypoaldosteronemia dan perluasan volume intravaskular.

Baking soda dapat menekan jalur pernapasan karena konsentrasi karbon dioksida vena akan meningkat. Asidosis sistemik dapat memburuk, ini terjadi karena tidak ada ventilasi yang memadai disediakan. Antara lain efek samping pernapasan, jalur pernapasan ditekan adalah yang paling signifikan dari semua efek samping. Namun ada efek samping natrium bikarbonat yang lain dari sistem saraf meliputi koma, tetani, lekas marah, mabuk, gangguan mental dan perdarahan intraventrikular. Perdarahan yang cepat dapat di picu dengan infus natrium bikarbonat.

Efek lekas marah biasanya karena hipernatremia dan alkalosis yang disebabkan oleh baking soda. Gangguan Mental, pingsan dan koma disebabkan oleh penurunan yang signifikan dari pH cairan serebrospinal selama penggunaan internal yang berlebihan dari natrium bikarbonat. Hal ini biasanya terjadi karena penghalang darah-otak jauh lebih permeabel terhadap hidrogen oleh bikarbonat.

Efek samping lokal termasuk iritasi ekstravasasi, vena, nekrosis jaringan, nyeri , selulitis, pengelupasan kulit dan ulserasi. Efek samping yang paling signifikan kardiovaskular yang mungkin terjadi adalah penurunan kontraktilitas jantung. pengunaan berlebihan internal Natrium bikarbonat juga dapat menyebabkan pecah lambung dan pelepasan gas berlebih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar