Rabu, 24 Oktober 2012

2 Komponen-Komponen Materi

Satuan terkecil materi adalah atom,materi didefinisikan sebagai kumpulan atom dan atom adalah komponen terkecil unsure yang tidak akan mengalami perubahan dalam reaksi kimia.Inti atom terdiri dari proton dan neutron,jumlahnya menetukan sifat unsur dan lebih dari 90% massa atom terkonsentrasi di inti.
Inti memiliki muatan listrik positif yang jumlahnya bergantung pada jumlah proton yang terkandung.electron adalah partikel dengan satuan muatan negative.

Jumlah proton dalam inti disebut nomor atom dan julah proton dan neutron disebut nomor massa.Bila nomor atom dan nomor massa suatu atom tertentu dinyatakan,nomor atom ditambahkan di kiri bawah,dan nomor massa di kiri atas

Jumlah proton dan electron yang dimiliki oleh unsure menentukan sifat kimia unsure.Isotop adalah unsure yang mempunyai jumlah neutron yang berbeda (nomor atom berbeda).

b. Molekul
Komponen Independen netral terkecil materi disebut molekul.Molekul  monoatomik terdiri dari satu atom (misal Na).Molekul Poliatomik terdiri dari lebih dari satu atom (misalnya ,H2SO4).
Hukum Avogadro berbunyi “Pada temperature dan tekanan  yang tetap,semua gas dalam volume tertentu mengandung jumlah partikel yang sama”.

C. Ion

Atom atau kelompok atom yang memiliki muatan listrik disebut ion.Kation ialah ion yang memiliki muatan positif,anion memiliki muatan negative.Tarikan listrik antara kation dan anion disebut ikatan ion.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar